Pages

Labels

Footer Widget 1

MITRA RENGGANIS

PERBAIKAN

Labels

Footer Widget 2

PROFIL RENGGANIS

“Rengganis Indonesia ” adalah satuan organisasi sosial, lingkungan hidup, pertanian dan pendidikan yang berbasis : profesi, aspirasi, organisasi kemasyarakatan/LSM, Organisasi ini dikekola secara Professional, Mandiri dan Transparan.

Senin, 08 Agustus 2011

Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka BARU Siap di Uji Coba

Kurikulum pembelajaran di Kepramukaan tertuang didalam SKU (Syarat-syarat Kecakapan Umum). SKU yang digunakan dalam Pramuka saat ini menggunakan SKU yang ditetapkan dalam SK Kwartir Nasional nomor 088 tahun 1974. Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi isi dari SKU tersebut nampaknya sudah banyak yang dirasakan tidak sesuai lagi. Oleh karena itu ada upaya untuk memperbaharui materi dari SKU yang dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (PUSDIKLATNAS) atau yang dulu dikenal dengan Lembaga Pendidikan Pramuka Nasional (LEMDIKANAS).

Saat ini tengah disosialisasikan rancangan SKU yang telah diperbaharui. saat ini sosialisasi penerapan SKU pada gugus depan tengah dilaksanakan, jika dalam pelaksanaannya di lapangan dapat berjalan dengan baik dan diterima secara mudah bagi Pramuka serta merata di seluruh Indonesia SKU tersebut baru akan di SK-kan. Cuma untuk saat ini baru SKU Siaga dan SKU Penggalang yang telah disosialisasikan, sedangkan untuk penegak akan menyusul. (SKU Penegak dan Pandega sekarang sudah dirilis dan dapat dilihat pada link di atas atau link dibawah)
Sampul Depan SKU Penggalang
Sampul Depan SKU Siaga

Secara umum SKU yang baru telah memuat materi-materi yang mutakhir, seperti materi TI (Teknologi Informasi), teknologi tepat guna seperti pengelolaan sampah dan penjernihan air. materi disusun secara tersetruktur dan berkesinambungan antara tingkatan terendah menuju tingkatan tertinggi. Secara keseluruhan isi dan struktur SKU yang baru ini cukup bagus, para pembacadapat mendownload materi SKU dibawah ini :
Selamat mencoba!
@Pusdiklatnas2010

0 komentar:

Posting Komentar